Pages

Thursday, January 17, 2013

10 Maskapai Paling Aman di Dunia



Terbang bersama Garuda Indonesia, serasa nyaman dan aman tanpa di hantui rasa was-was, apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini, hmmm... ini mungkin hanya pengalaman pribadi saya secara individu. Pengalaman terbang dengan pesawat memang berbeda-beda bagi setiap orang. Nah ini ada daftar maskapai penerbangan teraman yang ada di muka bumi ini, menurut Jet Airliner Crash Data Evaluation Centre, di tahun 2012.

Beberapa maskapai tersebut bermarkas di Eropa, Selandia Baru, dan Hongkong, yang mendapat skor tertinggi dalam hal keselamatan. Indeks keselamatan diukur dari berapa lama maskapai tersebut telah beroperasi, kapan terakhir maskapai tersebut kehilangan pesawatnya, dan jumlah total pesawat yang rusak. Data diambil sejak tahun 1983, tahun Jet Airliner Crash Data Evaluation Centre mulai memonitor maskapai yang ada di seluruh dunia.

Nah yang agak nyeleneh namun menarik untuk disimak adalah maskapai dari Amerika Serikat yang masuk dalam peringkat Top 20 adalah maskapai yang murah meriah / budget rendah, dan bukan maskapai nasional.

Maskapai penerbangan asal Asia yang masuk dalam daftar Top 10 antara lain Cathay Pacific, Air Emirates, Etihad Airways, EVA Air, dan Hainan Airlines.

Sementara itu, menurut data Aviation Safety Network (ASN) seperti diberitakan Daily Telegraph, pada tahun 2012 angka kecelakaan udara dari seluruh dunia sebesar 496 kasus pada pesawat terbang komersial angka ini mengalami penurunan sedikit dibanding tahun 2011. Hal ini menunjukkan trend positif, bawasannya perjalanan dengan pesawat terbang semakin aman.

10 Maskapai Paling Aman di Dunia, menurut Jet Airliner Crash Data Evaluation Centre:
  1. Finnair
  2. Air New Zealand
  3. Cathay Pacific
  4. Air Emirates
  5. Etihad Airways
  6. EVA Air
  7. TAP Portugal
  8. Hainan Airlines
  9. Virgin Australia
  10. British Airways

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...