Pages

Sunday, December 18, 2011

Perjalanan Perkembangan Search Engine Terbesar Dunia


google beta
Siapa yang tidak mengenalnya, seluruh manusia yang mengenal internet pasti juga mengenalnya.

Ya benar Google itulah namanya, berawal dari proyek riset atau pengembangan sebuah penyedia teknologi informasi terbaru secara global yang biasa kita sebut internet.

Google berawal dari sebuah proyek penelitian dari dua mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin pada awal tahun 1996 yang mengembangkan mesin pencari yang berdasarkan analisis alogaritma matematika terhadap isi teks yang termuat di dalam situs-situs website yang ada di seluruh dunia untuk mendapatkan hasil yang tepat dan akurat sesuai yang di inginkan pencari. Dan mesin pencari ini jauh lebih baik daripada mesin pencari sebelumnya yang biasa kita kenal Yahoo.

Nama awal Google adalah BackRub karena menggunakan backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs.

Google selalu mengembangkan teknologi pencarinya secara terus-menerus, selain hasil dari alogaritma matematika pada isi teks sebuah website, Google juga mengembangkan data analisanya yang dapat mempengaruhi hasil penilaian sebuah situs di daftar listing mereka.
Salah satu data analisa tersebut adalah backlink, apa backling itu? Backlink merupakan suatu tautan dari suatu website ke website lainnya. Nah inilah alasan kenapa google lebih baik dari pada mesin pencari sebelumnya dan menjadikannya mesin pencari / search engine no 1 sampai saat ini.

Sebetulnya untuk menjadi search engine no 1 di dunia Google tidak hanya pengembangan teknologi yang tersebut di atas, Googlejuga selalu melakukan inovasi dan pengembangan pada mesin pencari mereka dan akan selalu dan terus menerus dilakunan tiada henti.

Melihat perkembangan Google berawal dari sebuah riset dari 2 mahasiswa hingga menjadi seperti sekarang ini, menarik untuk kita ikuti apa saja progress dan perkembangan si Google selama ini. Baru-baru ini si Google merilis sebuah timeline dari pengembangan search engine mereka dari awal hingga akhir. Berikut gambar timelinenya

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...